Senin, 10 Oktober 2016

Pengalaman Penilaian Tengah Semester

          Pada tanggal 3-7 Oktober 2016 kemarin, SMP Labschool Jakarta mengada Penilaian Tengah Semester atau disingkat PTS. Sebelumnya, kegiatan ini disebut sebagai Ulangan Tengah Semester ( UTS ). Kegiatan ini dilakukan selama satu minggu. Selama satu minggu ini pula, setiap harinya ada dua mata pelajaran yang di ujiankan. Pada kegiatan ini, setiap murid yang telah menyelesaikan urusan administrasinya akan mendapatkan kartu legitimasi. Kartu legitimasi ini adalah salah satu syarat mengikuti Penilaian Tengah Semester. Pada kartu tersebut tertera nomor ujian, serta ruang ujian kita.
          Penilaian Tengah Semester ini dimulai pada hari Senin, 3 Oktober 2016. Mata pelajaran yang diujiankan pada hari ini adalah Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama. Pada pukul 07.30, seluruh siswa dikumpulkan di hallma untuk memulai kegiatan. Biasanya seluruh siswa, khususnya siswa kelas 7 yang baru pertama kali mengikuti ujian ini, akan diberikan pengarahan tentang cara mengikuti penilaian ini. Setelah itu, kegiatan ini dilanjutkan dengan berdoa bersama. Setelah berdoa bersama, seluruh siswa akan diarahkan menuju ruang ujiannya masing-masing.
          Di ruang ujian, seluruh siswa akan diminta untuk meletakkan tasnya di bagian depan kelas, serta hanya membawa alat tulis, papan jalan, dan kartu legitimasi ke mejanya masing-masing. Selama Penilaian Tengah Semester, seluruh siswa akan duduk dengan siswa lain yang tidak seangkatan utnuk mencegah kecurangan. Pada PTS ini, lembar jawaban yang digunakan adalah lembar jawaban komputer, maka mengerjakannya harus menggunakan pensil 2B.
          Pada PTS ini, terdapat 50 soal untuk setiap mata pelajaran kecuali mata pelajaran IPA dan Matematika, hanya 40 soal. Materi yang diujiankan adalah materi yang sudah diajarkan selama tiga bulan. Waktu mengerjakan ujian ini adalah 90 sampai 120 menit. Setiap mata pelajaran akan ada bel 15 menit sebelum waktu habis. saat bel ini dibunyikan, seluruh siswa yang sudah selesai mengerjakan diperbolehkan untuk meninggalkan ruangan terlebih dahulu. Setelah itu, ada jeda waktu sekitar 30 menit untuk  istirahat lalu akan ada bel lagi untuk kembali masuk ke ruang ujian.
          Selama PTS berlangsung, siswa akan selesai melaksanakan PTS pukul 11.30. Setelah PTS hari itu selesai, para siswa diperbolehkan pulang untuk mempersiapkan ujian hari berikutnya. Pada pagi hari esoknya pun, kebanyakan siswa akan dating lebih pagi untuk kembali mengulang pelajaran di sekolah sebelum PTS berlangsung.
          PTS ini merupakan tolak ukur kemampuan siswa dalam mengikuti pelajaran di kelas selama 3 bulan pertama. PTS ini juga dapat menjadi pembanding kemampuan antar satu angkatan karena soal yang dikerjakan sama. Untuk dapat mengerjakan soal-soal PTS dengan baik, seluruh siswa SMP Labschool Jakarta harus mempersiapkan diri dengan sangat baik. Seluruh siswa harus mengulang materi-materi yang sudah diajarkan kemudian mencoba mengerjakan soal-soal latihan. Seminggu sebelum PTS berlangsung, biasanya seluruh siswa akan mendapatkan latihan soal yang berasal dari soal-soal PTS tahun lalu. Soal-soal ini juga dapat menjadi bayangan tentang bagaiman soal PTS besok. Namun, ada beberapa mata pelajaran yang materinya berbeda dengan soal-soal PTS tahun lalu.
          Tentu saja, usaha kita dalam mengerjakan PTS tidak akan berhasil sempurna bila tidak diiringi dengan doa. Maka dari itu, kegiatan PTS ini diawali dengan berdoa bersama dan dilanjut lagi dengan berdoa di kelas atau ruang ujian masin-masing. Banyak juga siswa-siswa yang menggunakan waktu luangnya saat istirahat untuk melaksanakan ibadah sholat dhuha di masjid.

Sekian dan Terimakasih. 

11 komentar: